26 April 2015

Obrolan tentang Oregades di Forum Elex Media

Hai! :) Udah gabung belum di grup Facebook "Forum Penulis-Pembaca Novel Fiksi Elex Media"? Seru, lho~

Kamis 23 April lalu, novel Oregades dibedah di sana. Ketinggalan? Ini rangkuman obrolan asyik kami. Udah tanpa imbuhan nggak penting dan beberapa haha-hihi. =))



Tanya: Jadi ada rahasia dalam hubungan kembar Felix dan Felicis? Trus, arti Oregades tuh apa yak?
Jawab: Rahasianya lebih ke keluarga Oregades dan seisinya. Terus juga latar belakang beberapa tokoh luar yang terkuak seiring cerita berjalan. Kalau arti Oregades............ ((siap-siap ketawa, ya)) nggak ada artinya. Aku bikin/milih "nama" itu setelah liat-liat keypad HP.

T: Kereeennn.... Idenya dari mana, sih, Mbak?
J: Terima kasiiih. Dari ... mana, yaaa? Aku lupa tepatnya ((atau bahkan nggak tahu???)). Mungkin karena sempet seneng baca novel serial luar tentang sekolah mata-mata cewek daaan nonton film-film aksi.

T:  Heee ... tapi jadi nama keluarga yo. Kereeen. Kenapa kembar? Ada alasan khusus?
J: Keluarga Oregades-nya yang keren~ Kenapa kembar? Pengin aja. :)) Habis lucu kalo ada kembar cowok-cewek begitu.

T: Ada alasan khusus g knpa bikin cerita detektif macam ini?
JOregades ini fokusnya di para pembunuh bayarannya. Ada tokoh detektif muda jelita juga, tapi pemeran pembantu. Alasan khusus bikin ini.............. Sepertinya tak ada.... Karena aku ini penikmat macam-macam kali ya. Untuk genre buku dan film, rata-rata aku suka semua.

T: Ada trik khusus nggak Mbak bikin cerita action romance begini? Riset apa aja yang Mbak lakukan untuk memperkuat cerita?
 J: Baca yang sejenis dan nonton film-film aksi. Kalo risetku paling begitu. Tambahan, aku kan kebetulan ada basic bela diri, jadi sempet buka-buka buku pelajarannya & nyoba-nyoba juga.
 
T: Iya nih. Menggambarkan adegan action kan sulit.
J: Paling "dihayati" banget pas nulisnya. (heee?) Aku, sih, mendeskripsikan
langkah-langkah gerakannya kayak kalo pas belajar bela diri. Walau nggak semua gitu.
 
T: Ada kesulitan nggak memadukan action dan romance?
J: Alhamdulillah buat gabungin action sama romance nggak sulit. Karena, masing-masing dikasih bagian beda. Romance di bagian interaksi tokoh (beberapa cowok-ceweknya), sedangkan action dibuat adegan & plot yang hubungannya dengan pembunuh bayaran ini.
 
T: Di novel ini siapa tokoh favorit Mbak? Kenapa? Dan siapa tokoh yang paling Mbak sebelin? Dan lagi-lagi kenapa?
J: Tokoh favorit................ semuaaa! :)) Bingung, aku suka semuanya. Karena masing-masing memikat banget siiih (khususnya para cowok :p). Tapi, pasangan favoritku Ezer & Felicis. Nggak ada tokoh yang nggak kusuka, tapi mungkin yang paling datar perasaanku padanya (?) itu Erika. Siapa Erika? Nggak asyik kalo dikasih tahu hehe. Silakan baca~
Ada tokoh yang nyebeliiin, namanya Hazel, tapi aku tetep sukaaa. Dia nyebelinnya ke anggota Oregades lain, sih. :))
 
T: Pesan apa sih yang ingin Mbak sampaikan di novel ini?
J: Nggak secara khusus "kusiapkan" kayak Bintang Mika. Pesannya seputar rasa syukur & penghargaan dalam keluarga yang seperti apa pun kita berada.
 
T: Pioner Oregades ini siapa? Ayah mereka atau Felix-Felicis sendiri? Terus duo "F" ini kembar identik atau bukan? Soalnya bakal ngaruh ke kinerja mereka nantinya kan?
J:  Masih di atas ayah merekaaa (dan btw, ayah mereka udah nggak di Oregades, lho. Kenapa, hayo?). Felix & Felicis ini identik. Tapiii, sifatnya mayan beda. Felix lebih "kalem", Felicis lebih gampang meledak (apalagi kalo digangguin Hazel). Dari dulu mereka berdua udah dipasangin dalam ngerjain tugas~
 
T: Wawww kalo udah pasangan dari dulu pasti yahuuudd kinerjanya nih! Oh ya, ada referensi khususkah untuk pemilihan cover? Terus cerita ini mengambil setting di mana? Apakah pemilihan kasus juga disesuaikan dengan kondisi terkini atau nggak?
J:  Iyaaa, mereka Oregades yang "seru" bangettt. Untuk kaver, nggak ada referensi khusus sih hehe. Setting sengaja nggak disebut di mana, biar penasaran apakah di Indo atau luar. Yang jelas bukan Italia & Jepang karena itu disebutin. Pemilihan kasus nggak sejalan dengan kondisi terkini, tapi seru-seru bangeeet. Ada yang manfaatin teknologi kece juga~
 
 
 
Sekiaaan! Kalau kapan-kapan ada ngobrol-ngobrol lagi, jangan ketinggalan, ya! ;)